Selasa, 06 Mei 2008

Apakah Anda sering melakukan meditasi?


Saat duduk dan membaca tulisan ini, mungkin Anda baru selesai menjalankan meditasi atau akan menjalakan meditasi rutin Anda. Dan Anda kemungkinan besar sudah mengetahui bahwa meditasi yang Anda lakukan bukan saja sebuah metode untuk membuat tubuh anda santai dan relaks, tetapi lebih dari itu.

Meditasi bila dikakukan dengan benar akan membebaskan Anda dari pikiran-pikiran yang menggangu, rasa khawatir, mengeluh, mendapatkan ketenangan batin yang terdalam, keseimbangan diri yang terdalam dan tentu saja menemukan kekuatan diri Anda yang sangat berkuasa.

Meditasi telah digunakan sejak jaman dahulu kala sampai sekarang. Sejak jaman dahulu selalu ada keinginan dari manusia untuk mengetahui dan mengenal keberadaan diri yang terdalam. Meditasi merupakan sebuah metode yang banyak dilakukan untuk proses menemukan diri yang terdalam ini.

Dengan meditasi banyak manfaat yang Anda dapat petik. Anda dapat dan berkuasa untuk menghentikan proses brain chatter atau perbincangan otak anda yang ruwet, sebuah percakapan atau dialog yang berlangsung terus menerus di otak anda.

Bayangkan : Anda dapat berkuasa untuk menghentikan sejenak dialog dalam otak Anda, suara atau sejumlah suara yang ada dalam benak anda sepanjang waktu, dan Anda menjadi Anda yang berkuasa dan berada pada diri Anda sendiri.

Banyak cara dalam melakukan meditasi dengan tujuannya masing-masing. Tujuan yang ingin dicapai dalam meditasi dapat berupa mencari ketenangan, pencerahan spiritual, atau juga untuk kesehatan, sukses di karir-bisnis, peningkatan daya pikiran atau juga meningkatkan kepekekaan terhadap lingkungan.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa cara terbaik dalam melakukan meditasi adalah yang biasa disebut sebagai dengan ”Budha like posture” atau meditasi dengan gaya mirip dengan cara duduknya Budha. Tapi belakangan ini banyak cara dalam melakukan meditasi yang dikembangkan.

Kalau Anda sudah terbiasa melakukan meditasi, sebenarnya kapanpun Anda dapat melakukannya. Baik itu sedang berjalan dipantai, di kebun rumah, di taman kota dan sebagainya. Bahkan Anda dapat melakukan meditasi ringan saat Anda terjebak dalam kemacetan.

Setelah membaca tulisan diatas, sekarang :

• Cobalah untuk menutup mata Anda
• Tarik nafas yang secara perlahan dan teratur
• Untuk beberapa saat, fokuskan diri Anda pada nafas yang Anda tarik dan lepas
• Setelah itu jangan berfikir dengan sejenak mengarahkan fokus Anda pada pikiran itu sendiri.
• Diam dan rasakan apa yang terjadi, jangan memberi tanggapan atau penilaian, rasakan saja….hadir saja…..
• Buka mata Anda, dan rasakan lingkungan disekitar anda……

Anda baru saja melakukan meditasi ringan, yag sangat bermanfaat. Anda sudah mulai menemukan diri Anda yang terdalam.

Dan ini dapat Anda lakukan dimanapun……

Dari : sumpahpalapa.com

0 Comments:

Post a Comment