Jumat, 18 April 2008

KESADARAN BARU

Diperlukan suatu kesadaran baru dan suatu moralitas yang sama sekali baru untuk mendatangkan perubahan yang radikal pada budaya dan struktur sosial yang ada sekarang. Ini jelas; tetapi golongan Kiri dan Kanan dan kaum revolusioner tampaknya mengabaikan hal ini. Setiap dogma, setiap rumusan, setiap ideologi adalah bagian dari kesadaran lama; semua itu adalah bentukan pikiran, yang kegiatannya adalah pemecahbelahan--golongan Kiri, golongan Kanan, golongan Tengah. Kegiatan ini mau tidak mau akan menghasilkan pertumpahan darah dari golongan Kanan, atau dari golongan Kiri, atau menuju totalitarianisme. Inilah yang terjadi di sekeliling kita. Kita melihat perlunya perubahan sosial, ekonomi dan moral, tetapi tanggapannya berasal dari kesadaran lama, yang pelaku utamanya adalah pikiran. Kekacauan, kebingungan dan kesengsaraan--yang ke dalamnya umat manusia telah terperosok--berada dalam lingkup kesadaran lama; dan tanpa mengubahnya secara mendalam, setiap kegiatan manusia--politis, ekonomis atau religius--hanya akan membawa kita kepada penghancuran satu sama lain dan penghancuran dunia. Ini jelas sekali bagi orang yang waras.

Kita harus menjadi cahaya bagi diri kita sendiri; cahaya inilah hukum. Tidak ada hukum lain. Semua hukum lain dibuat oleh pikiran, dan dengan demikian bersifat terpecah-belah dan saling bertentangan. Menjadi cahaya bagi diri sendiri berarti tidak mengikuti cahaya orang lain, betapa pun masuk akal, logis, historis, dan betapa pun meyakinkannya. Anda tidak bisa menjadi cahaya bagi diri Anda jika Anda berada di bawah kegelapan bayang-bayang otoritas, dogma, kesimpulan. Moralitas tidak dibentuk oleh pikiran; itu bukan hasil tekanan lingkungan, itu bukan berasal dari hari kemarin, dari tradisi. Moralitas adalah anak dari cinta, dan cinta bukanlah keinginan dan kenikmatan. Menikmati seks atau indra bukanlah cinta.

Kebebasan adalah menjadi cahaya bagi diri sendiri; maka ia bukanlah suatu abstraksi, sesuatu yang direkayasa oleh pikiran. Kebebasan aktual adalah kebebasan dari ketergantungan, kelekatan, dari kehausan untuk memperoleh pengalaman. Kebebasan dari struktur pikiran itu sendiri berarti menjadi cahaya bagi diri sendiri. Di dalam cahaya ini seluruh tindakan berlangsung, dan dengan demikian tidak pernah saling bertentangan. Pertentangan hanya ada apabila cahaya itu terpisah dari tindakan, ketika si pelaku terpisah dari tindakannya. Ideal & prinsip adalah gerak pikiran yang mandul, dan itu tidak bisa berada bersama cahaya ini; yang satu mengingkari yang lain. Di mana ada si pengamat, maka cahaya ini, cinta ini, tidak ada. Struktur si pengamat dibentuk oleh pikiran, yang tidak pernah baru, tidak pernah bebas. Tidak ada "bagaimana", tidak ada sistem, tidak ada latihan. Yang ada hanyalah melihat, yang adalah bertindak. Anda harus melihat, bukan melalui mata orang lain. Cahaya ini, hukum ini, bukanlah milik Anda atau milik orang lain. Yang ada hanyalah cahaya. Inilah cinta.
Kishnamurti's Journal, 24 September 1973.

[Dari: J. Krishnamurti - This Light in Oneself - True Meditation]

0 Comments:

Post a Comment